Friday 15 January 2016

KOPERASI DI INDONESIA DAN CONTOH KOPERASI SUKSES

Koperasi mengalami perkembangan dan pembangunan yang pesat. Perkembangan dan pembangunan tersebut diupayakan oleh pemerintah. Pemerintah membuat berbagai peraturan dan undang-undang untuk memajukan koperasi. Pemerintah juga memberi dukungan manajemen dan finansial kepada koperasi. Dengan demikian, koperasi akan lebih mudah mencapai kesuksesannya.

 

Kesuksesan koperasi dinilai dari beberapa indikator. Menurut Hanel (1985:106), kesuksesan koperasi dapat dilihat dari tiga indikator yaitu: kesuksesan dalam bisnis, kesuksesan dalam keanggotaan dan  kesuksesan dalam pembangunan. Kesuksesan dalam bisnis diukur oleh kemampuan koperasi dalam memperbesar skala bisnisnya. Kesuksesan dalam keanggotaan diukur oleh peningkatan jumlah anggota koperasi. Kesuksesan dalam pembangunan diukur oleh kemampuan koperasi dalam mensejahterahkan ekonomi anggota dan masayarakat sekitarnya.

 

Salah satu koperasi yang tumbuh menjadi koperasi sukses yaitu koperasi warga semen gresik (KWSG). KWSG merupakan koperasi yang didirikan oleh karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk sejak tanggal 29 Januari 1963. KWSG memiliki beragam bidang usaha. Adapun bidang usaha KWSG yaitu: perdagangan bahan pokok dan sayuran, pertokoan, penjahitan, simpan pinjam, katering, percetakan, perdagangan umum, perdagangan bahan bangunan, pengangkutan dan manufaktur. Bidang usaha tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan 6.088 anggota KWSG.

 

Anggota KWSG merasa bangga dengan kinerja KWSG. KWSG memasuki daftar koperasi kelas dunia peringkat ke-233 dunia tahun 2013 dan berubah menjadi peringkat ke- 210 pada tahun 2014 dalam International Co-operative Alliance (ICA). Penghargaan  tersebut merupakan kesuksesan KWSG yang membanggakan bagi Indonesia. Kesuksesan KWSG ini membuktikan adanya peningkatan kualitas koperasi. Peningkatan kualitas koperasi tersebut merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam mengembangan dan membangun koperasi Indonesia.

 

 

 

Daftar Pustaka :

Hanel, Alfred, 1985, Basic Aspect of Cooperative Organization on Policies for Their Promotion in Developing Countries, Bandung, Universitas Padjadjaran.

 

 

 

Anisa Intan Damayanti

2EB27

21214286

 

No comments:

Post a Comment